Selasa, 19 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

PSI Sidoarjo Bidik Pemilih Pemula

21 April 2018, 04: 30: 44 WIB | editor : Lambertus Hurek

Pengurus PSI Sidoarjo saat verifikasi di KPU Sidoarjo.

Pengurus PSI Sidoarjo saat verifikasi di KPU Sidoarjo. (DOK)

Meski baru pertama kali mengikuti pemilu legislatif, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sidoarjo cukup percaya diri. Partai yang dimotori para profesional muda ini optimistis bisa meraih kursi di DPRD Sidoarjo.

"Sejak awal target kami 10 persen di Sidoarjo. Kalau dikonversi ya, lima kursi legislatif," ujar Rehal Lahiprias Supuntari, pengurus PSI Sidoarjo, Kamis (19/4/2018).

Saat ini PSI sedang melakukan penjaringan caleg. Selain kader-kader internal, menurut Rehal, partainya juga membuka pendaftaran untuk orang-orang muda Sidoarjo untuk berjuang bersama partai yang dipimpin mantan presenter televisi Grace Natalie di tingkat pusat itu.

Tentu saja, Rehal menegaskan, semua caleg harus mengikuti platform serta visi dan misi PSI. "PSI adalah partai nasionalis, sehingga kami tidak pernah membeda-bedakan mana yang NU, Muhammadiyah, Kristen, dan sebagainya. Yang ada hanya kita Indonesia," tegas pria yang juga penggiat teater di Sidoarjo itu.

Salah satu target pasar utama PSI adalah pemilih muda. Anak-anak muda di bawah 20 tahun ini dinilai sangat kritis, aktif di media sosial, terbuka, dan ingin perubahan. Karena itu, Rehal mengaku terus melakukan pendekatan dengan para pelajar dan mahasiswa. Yang utama adalah agar para pemilih pemula ini mau menggunakan hak pilihnya dalam pemilu tahun depan.

"Kami mengupayakan agar pemilih pemula dapat menggunakan hak suaranya sesuai dengan hati nurani mereka masing-masing. Mereka mempunyai masa depan yang panjang. Sehingga masa depan para pemuda seharusnya mereka sendiri yang menentukan," tanda politikus muda ini.

Meski begitu, Rehal menambahkan, PSI juga tidak melupakan begitu saja pentingnya suara dari pemilih-pemilih lama. Mereka ini biasanya sudah punya pilihan pada pemilu sebelumnya. PSI yakin warga senior pun tertarik dengan program-program yang ditawarkan oleh partai anak muda. 

"Kami harus bekerja keras untuk menjadi pelayan masyarakat yang baik. Hal utama yang kami angkat adalah melawan korupsi dan anti-intoleransi," katanya. (sar/rek)

(sb/sar/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia