Rabu, 17 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo

Pemilu 2019, Dapil di Sidoarjo Berubah

Senin, 09 Apr 2018 19:59 | editor : Lambertus Hurek

Zainal Abidin ketua KPU Sidoarjo

Zainal Abidin ketua KPU Sidoarjo (DOK)

Daerah Pemilihan (Dapil) untuk Kabupaten Sidoarjo pada Pemilu 2019 mendatang dipastikan berubah. Hal ini sesuai Keputusan KPU RI Nomor 278/PL.01.3-Kpt/06/IV/2018.  Namun perubahan ini bukan untuk jumlah dapilnya, melainkan pembagian kursi DPRD dari masing-masing dapil itu.
Berdasarkan keputusan KPU RI, jumlah dapil tetap enam. Nantinya dapil 1 meliputi kecamatan Buduran, Sedati, Sidoarjo dengan jumlah alokasi 10 kursi. Sedangkan dapil 2 meliputi Candi Tanggulangin, Porong, Jabon dengan jumlah alokasi 8 kursi. Lalu, dapil  3 meliputi Krembung, Prambon, Tulangan, Wonoayu dengan jumlah alokasi 8 kursi.
Untuk dapil Sidoarjo 4 meliputi Balongbendo, Krian, Tarik dengan jumlah alokasi 7 kursi dan dapil 5 meliputi Sukodono, Taman dengan jumlah alokasi 9 kursi. Dapil terakhir yakni dapil 6 meliputi Waru dan Gedangan dengan jumlah alokasi 8 kursi.
KPU Sidoarjo Zainal Abidin membenarkan adanya perubahan dapil tersebut. Menurutnya, awalnya KPU Sidoarjo telah mengirimkan dua model dapil ke KPU Provinsi Jawa Timur untuk dipilih KPU RI. Dari dua pilihan itu, akhirnya diputuskan pilihan pertama dengan perubahan di dapil baru itu.
“Karena sudah diputuskan KPU pusat, maka tidak ada lagi perdebatan. Kami di daerah tinggal melaksanakan keputusan itu,” jelasnya.
Dalam pembagian dapil itu, terjadi perubahan cukup signifikan. Dengan dapil model baru dipastikan akan mengubah peta strategi seluruh partai politik yang bakal bertarung di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.
Zainal Abidin menambahkan seluruh partai politik sudah diberikan informasi atas perubahan dapil itu. “Tapi secara resminya nanti akan diundang secara resmi untuk sosialisasi,” pungkasnya. (mus/jee)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia