Kamis, 18 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Politik Sidoarjo
Pendaftaran Calon Legislatif 2019

PKB Buka Kesempatan Orang Luar

Minggu, 01 Apr 2018 20:20 | editor : Lambertus Hurek

Abdilah Nasih

Abdilah Nasih (DOK)

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) membuka kesempatan bagi masyarakat di luar partai untuk menjadi calon legislatif (caleg) pada 2019 mendatang. Meski pendaftaran belum dibuka, PKB sudah melakukan sosialisasi ke berbagai tempat mengenai rencana itu.
Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Sidoarjo Abdillah Nasih mengatakan, DPP sudah mengatur persentase caleg dalam pileg 2019. Yakni 50 persen kader PKB, 25 persen NU, dan 25 persen profesional. “Ini berlaku untuk pileg nasional, provinsi, dan daerah,” katanya.
Nasih melanjutkan, saat ini pihaknya memang masih dalam tahap sosialisasi. Sedangkan untuk pendaftaran caleg di DPC PKB sendiri akan dibuka pada Juni mendatang. “Juli akan kami daftarkan ke KPU," katanya.
Setelah pendaftaran dibuka, ada serangkain tes yang cukup panjang yang harus dilalui. Pertama, pendaftar akan melakukan tes psikologi. Setelah itu uji publik, dan diakhiri dengan paparan makalah visi dan misi.
Mereka akan diuji di hadapan tim khusus yang terdiri dari akademisi dan praktisi bersama dengan LPP dan NU. Dari hasil tes tersebut akan diranking untuk kemudian diusulkan sebagai caleg sesuai dengan kuotanya.
Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo ini menjelaskan, dalam beberapa sosialisasi yang sudah dilakukan ada timbal balik positif dari masyarakat. Sudah ada beberpa kader yang akan daftar di semua tingkatan. (nis/jee)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia