Sabtu, 23 Mar 2019
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Tahun Ini Dispendukcapil Cetak KIA

20 Februari 2018, 03: 20: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

DOK

DOK

Tahun ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Sidoarjo akan mulai mencetak Kartu Identitas Anak (KIA). Selama ini sudah ada empat kota yang dijadikan bahan rujukan pembuatan kartu yang direkomendasikan oleh pemerintah pusat ini. Empat daerah tersebut Kota Malang, Kota Pasuruan, Kota Kediri, dan Kabupaten Banyuwangi. Diharapkan tahun ini seluruh daerah di Jawa Timur mencetak kartu tersebut.
Tahun ini, Sidoarjo menyusul untuk mencetak kartu untuk anak usia nol hingga 17 tahun tersebut. Diperkirakan, sesuai dengan pertumbuhan angka kelahiran di Sidoarjo, ada 400 ribu KIA yang akan dicetak. Jumlah tersebut hitung-hitungan mulai anak usia nol atau baru lahir hingga 17 tahun.
“Dari 18 kecamatan di Sidoarjo ada sekitar 400 ribu anak di rentang usia tersebut. Kami masih akan terus mendata,” tutur Kepala Dispendukcapil Medi Yulianto.
Medi menuturkan, untuk tahun lalu dirinya sudah memulai tahapan dengan menyiapkan alat kelengkapan pembuatan KIA ini. Mulai dari blangko, alat perekaman hingga mesin pencetak kartu. Nantinya, tahun ini perekaman akan mulai dilakukan. Perekaman sendiri dilakukan untuk anak usia lima tahun hingga 17 tahun. “Kartu mereka butuh foto identitas, sementara untuk usia 0-5 tahun tidak butuh perekaman, melainkan langsung kami berikan KIA nya,” terangnya.
 Untuk mempercepat prosesnya, pihaknya akan bekerja sama dengan puskesmas di seluruh Sidoarjo. Setiap anak yang lahir akan didata dan langsung diberikan KIA. KIA memiliki sejumlah fungsi. Pertama, kartu itu sebagai dokumen kependudukan bagi pemiliknya. Layaknya KTP untuk warga yang sudah dewasa, kartu ini merupakan identitas diri.
Kegunaan yang lain yakni bisa digunakan untuk pendaftaran anak sekolah, pembukaan rekening di bank, serta pengurusan paspor. Selain itu ke depan pelayanan pada anak akan berbasis data KIA. ”Sehingga lebih memudahkan,” ujarnya. (gun/jee)

(sb/gun/rek/JPR)

 TOP
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia