Sabtu, 20 Oct 2018
radarsurabaya
icon featured
Lifestyle Surabaya
Diabetes Selama Kehamilan (1)

Porsi Makan Meningkat di Usia Kehamilan 4 Bulan

Senin, 05 Feb 2018 09:54 | editor : Abdul Rozack

MINUM SUSU: Ibu hamil akan mengalami kenaikan nafsu makan ketika usia kehamilan empat bulan. Peningkatan asupan akan dibagi dengan janin yang dikandun

MINUM SUSU: Ibu hamil akan mengalami kenaikan nafsu makan ketika usia kehamilan empat bulan. Peningkatan asupan akan dibagi dengan janin yang dikandung. (net)

Ibu yang sedang hamil ternyata memiliki banyak kendala. Salah satu di antaranya adalah bila ibu hamil terkena diabetes. Kalau sudah begini, maka ibu hamil harus disiplin dan ekstra hati-hati menjaga kesehatannya. 

ANGGUN ANGKAWIJAYA-Wartawan Radar Surabaya

Dokter spesialis kandungan RS Adi Husada Jalan Undaan Wetan Surabaya, dr.  Unggul Prabowo, Sp.OG mengatakan, kasus diabetes pada ibu hamil disebut dengan Diabetes Melitus Gestasional (DMG). DMG merupakan kondisi kadar gula darah tinggi yang terjadi pada wanita hamil.

Kondisi ini bisa terjadi disebabkan oleh kehamilan itu sendiri atau dikarenakan ibu sudah punya penyakit diabetes. “ Dua sampai empat belas persen ibu hamil mengalami DMG dengan  kandungan gula di atas rata-rata,” kata Unggul.

Diungkapkannya, DMG muncul karena terjadi perubahan sistem metabolisme yang sangat kompleks. Saat hamil, plasenta akan memproduksi hormon tambahan, seperti hormon estrogen, HPL (Human Placental Lactogen), dan hormon yang meningkatkan resistensi insulin. Seiring berjalannya waktu, hormon-hormon tersebut akan meningkat dan mempengaruhi kinerja insulin.

Perubahan metabolisme karbohidrat pada ibu hamil terjadi karena adanya peningkatan asupan makanan. “Saat usia kandungan memasuki empat bulan, porsi makan ibu akan  semakin banyak,” urainya. 

Tidak hanya karbohidrat saja, lanjut Unggul, kebutuhan akan protein dan lemak selama kehamilan juga akan meningkat. Meningkatnya asupan makanan tersebut untuk mendukung perkembangan janin dan melindungi ibu dari kekurangan nutrisi. “Janinnya yang meminta ibu untuk makan lebih banyak,” terang Unggul. 

Penyebab

DMG memang disebabkan oleh banyak hal dan memiliki gejala yang beragam. Berikut beberapa penyebab DMG:

1. Perubahan Hormon

Seorang ibu akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya selama hamil. Ada hormon tambahan yang terbentuk ketika hamil, antara lain hormon Human Placental Lactogen (HPL), hormon estrogen, dan hormon-hormon lain yang berfungsi untuk meningkatkan ketahanan insulin. Hormon-hormon tersebut mempengaruhi insulin dalam tubuh dan bisa menyebabkan diabetes gestasional.

2. Usia Saat Hamil

Setiap wanita yang berusia di atas 25 tahun akan rentan terkena penyakit diabetes gestasional. Hal ini disebabkan oleh produksi hormon dan insulin dalam tubuh yang berbeda antara wanita berusia 25 tahun ke atas dengan wanita berusia 25 tahun ke bawah. 

3. Riwayat Genetik 

Apabila ibu hamil memiliki anggota keluarga yang juga pernah terserang diabetes sebelumnya, maka risiko terkena diabetes gestasional selama hamil lebih tinggi. Riwayat diabetes yang dialami anggota keluarga tidak hanya diabetes gestasional, tetapi jenis diabetes lain pun bisa mempengaruhi diabetes pada masa kehamilan. Selain itu, apabila ibu hamil itu sendiri juga pernah terserang diabetes saat hamil sebelumnya, maka kemungkinan ia akan kembali terserang juga lebih tinggi. (*/opi/bersambung)

(sb/ang/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia