Sabtu, 15 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Sidoarjo

Horee... TPS Pasar Baru Porong Selesai Desember

16 November 2017, 10: 30: 59 WIB | editor : Lambertus Hurek

MASIH DIGARAP: Pembangunan Tempat Penampungan Sementara di Pasar Baru Porong yang sudah dalam tahap pondasi. Proses berikutnya adalah pemasangan baja.

MASIH DIGARAP: Pembangunan Tempat Penampungan Sementara di Pasar Baru Porong yang sudah dalam tahap pondasi. Proses berikutnya adalah pemasangan baja. (SATRIA NUGRAHA/RADAR SIDOARJO)

Pembangunan Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Baru Porong diperkirakan selesai pertengahan Desember 2017 mendatang. Saat ini pelaksanaan pembangunan sudah start dan membuat pondasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sidoarjo Fenny Apridawati mengatakan setelah proses pondasi selesai, pembangunan tahap berikutnya yakni pemasangan baja. "Setelah dipasang, progress pembangunannya sudah 75 persen," katanya.

Fenny menenangkan, luas lahan yang dibangun untuk TPS sepanjang 110 meter dan lebar 76,5 meter. Sebanyak 400 pedagang nantinya akan menempati TPS tersebut, sedangkan 300 pedagang lainnya yang juga menjadi korban kebakaran didata ulang. Pendataan itu dilakukan sebab beberapa dari mereka sudah tidak aktif berjualan. Pedagang yang masih berjualan ditempatkan di kios bekas kebakaran yang sudah dibersihkan. 

"Sudah aman untuk ditempati berjualan," imbuh Fenny.

Ia menjelaskan TPS yang dibangun ini hanya boleh digunakan untuk pedagang yang sudah terdata oleh Disperindag, khususnya bagi korban kebakaran tahun lalu. Fenny tidak memungkiri bahwa banyak pedagang baru yang berjualan di sekitar Pasar Baru Porong. Namun dia memastikan bahwa pedagang baru tidak diperbolehkan untuk menempati TPS tersebut.

Sebelum dipindah, nantinya akan diadakan sosialiasi untuk pedagang, untuk menjelaskan di mana masing-masing pedagang akan ditempatkan. Fenny sendiri mengaku dirinya belum bisa memastikan kapan pedagang bisa menempati TPS. "Masih ada beberapa proses penataan yang harus dilalui, saat ini fokus pembangunan TPS dulu,” jabarnya. (nis/jee) 

(sb/nis/rek/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia