Kamis, 13 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Ekonomi Gresik

Diler Tawarkan Pembiayaan Syariah

17 Oktober 2017, 17: 22: 05 WIB | editor : Aries Wahyudianto

BERBASIS SYARIAH

BERBASIS SYARIAH : Iklim Gresik yang religius membuat diler pasang strategi dengan pembiayaan berbasis syariah. (YUDHI/RADAR GRESIK)

KOTA - Mayoritas warga Gresik yang muslim membuat sejumlah diler otomotif memasang strategi marketing. Salah satunya dengan menawarkan pembiayaan berbasis syariah. Konsep pembiayaan syariah diyakini lebih mengena dibanding yang konvensional.

Branch Manager Mandiri Tunas Finance (MTF) Gresik, Tony Kurniawan mengatakan, pihaknya menggandeng Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk pembiayaan berbasis syariah. Ini dilakukan guna merespons kebutuhan pasar dan industri. Menurutnya, MTF memperbaiki bisnis proses dan merevitalisasi produk diantaranya melalui sinergi layanan dengan perbankan.

“Masyarakat Gresik saat ini cukup konservatif dalam memilih layanan perbankan. Kami mencoba menghadirkan layanan syariah,” kata Tony kepada Radar Gresik, kemarin.

Dikatakan, antusiasme masyarakat terhadap layanan ini cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya konsumen yang langsung melakukan aplikasi (mengajukan kredit). “Selama 3 minggu di launching ini kami sudah mencatat ada 12 unit kendaraan yang kreditnya menggunakan layanan syariah. Tentu kami bekerjasama dengan perbankan syariah dalam menyalurkan kredit tersebut,” kata Tony.

Sementara itu, Supervisor Sales Auto 2000 Manyar, Arie Soerjono mengatakan, layanan ini akan menjadi alternative bagi konsumen di Kabupaten Gresik yang mempunyai kebutuhan pembiayaan otomotif dengan prinsip syariah.

“Bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan dengan akad syariah, sekarang tidak perlu khawatir lagi. Auto 2000 Manyar satu-satunya diler yang menghadirkan layanan ini. Alhamdulillah cukup disambut antusias oleh masyarakat,” katanya.

Arie mengatakan, perbedaan pembelian kendaraan sistem syariah dengan konvensional diantaranya, perpindahan tangan kendaraan dilakukan secara akad dengan disaksikan beberapa saksi. Dalam hal ini salesmen office bisa menjadi saksi.

Selanjutnya, leasing membeli mobil kepada diler seharga On The Road (OTR) ditambah DP. Selanjutnya, leasing menjualnya kepada customer seharga OTR dan DP ditambah margin sesuai yang disepakati.

“Didalam sistem syariah tidak ada bunga melainkan margin sesuai kesepakatan awal dan itu berlangsung hingga berakhirnya tenor,” tandasnya. (fir/ris)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia