Kamis, 13 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Surabaya

Bunga Tabebuya Bermekaran, Surabaya “Serasa” Jepang

14 Oktober 2017, 22: 10: 16 WIB | editor : Abdul Rozack

Surabaya yang terlihat bunga Tabebuya

INDAH DIPANDANG: Salah satu sudut jalan di tengah Kota Surabaya yang terlihat bunga Tabebuya bermekaran, Sabtu (14/10). (Dokumen Radar Surabaya)

SURABAYA- Di tengah cuaca panas yang menyengat di Kota Surabaya beberapa hari belakangan, ada pemandangan indah yang menyejukkan di jalur utama Kota Pahlawan. Serasa di Jepang, bunga-bunga berwarna merah muda dan putih seperti sakura mulai bermekaran.

Ya, pohon Tabebuya (Chrysotricha) yang ditanam oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Surabaya di sepanjang jalan protokol Kota Surabaga. Hal ini membuat Kota Pahlawan seakan menghias diri. Maklum, kedua bunga itu berwarna-warni. Ada yang merah muda, putih, dan kuning.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, Chalid Buhari, membenarkan jika di bulan Oktober merupakan puncak bermekaran kedua jenis bunga tersebut. “Di musim kemarau seperti ini, memang masa puncak berbunga bagi kedua pohon itu. Jadi masyarakat dapat menikmati bunga yang berjatuhan,”  kata Chalid, Sabtu (14/10).

(Dokumen Radar Surabaya)

Ia menuturkan, DKP Kota Surabaya menanam sebanyak 100 lebih pohon yang terdiri dari Sakura dan Tabebuya. Keberadaan kedua pohon itu di luar yang ditanam di taman yang berada di kawasan Keputih Sukolilo. “Penanaman pohon itu mudah hanya tinggal diberi pupuk dan penyiraman saja yang rutin seperti tanaman lainnya. Dan bisa diadopsi di sini, bukan hanya di Jepang saja,” ulasnya.

Devi Rahma, salah satu warga Sidoarjo saat ditemui melintas Kota Surabaya mengatakan dirinya mengetahui ada bunga menarik saat masuk Kota Pahlawan dari arah selatan. “Saat masuk dari Waru hingga ke tengah Kota Surabaya banyak pohon yang bermekaran bunganya. Warnanya yang menarik serasa membuat beda pemandangan,” kata Devi saat ditemui ketika selfie di sekitar pohon Sakura di sekitar Jalan Gubernur Suryo itu. 

Untuk diketahui Tabebuya adalah jenis tanaman yang berasal dari negara Brasil termasuk jenis pohon besar, dan seringkali orang kebanyakan menyebutnya sebagai tanaman Sakura, karena bila berbunga bentuk mirip seperti bunga Sakura. Pohon Tebebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Tanaman Tabebuya memiliki bunga yang berbeda-beda warna. Ada warna kuning dan berbentuk terompet, juga ada banyak sekali spesies Tabebuya dan berasal dari berbagai negara dengan genustabebuia dan dengan warna bunga beraneka macam, tetapi yang sering dijumpai di Indonesia yang kuning terompet dengan Bunga pohon tabebuya memiliki panjang 3 –11 cm, berbentuk terompet dan bergerombol.

(sb/jar/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia