Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Features Sidoarjo

1.200 Porsi Makanan Gratis di Gelar Nobar Film G30S PKI

02 Oktober 2017, 22: 04: 20 WIB | editor : Abdul Rozack

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memimpin upacara

KHIDMAT: Bupati Sidoarjo Saiful Ilah memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Munggu (Dokumen Radar Sidoarjo)

SIDOARJO-Sebagai pengingat sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam memberantas paham komunisme, Bupati Sidoarjo Saiful Ilah bersama Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda) dan masyarakat menggelar Nonton Bareng (Nobar) Film Penumpasan Pengkhianatan G30S PKI di Alun- Alun Sidoarjo, Sabtu (30/9) malam.

Bupati yang akrab disapa Abah Ipul tersebut hadir bersama Sekretaris Daerah Djoko Sartono, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, terlihat sangat serius menyaksikan film besutan sutradara Arifin C Noer itu. Begitu juga dengan ribuan masyarakat yang duduk di rumput.

Abah Ipul berharap, dengan nobar film ini, masyarakat, khususnya generasi muda, dapat mengetahui sejarah di mana bangsa Indonesia pernah mengalami massa kelam, yakni Pengkhianatan Gerakan 30 September PKI (G30S/PKI). “Sejarah perjuangan bangsa ini harus diketahui, terutama generasi muda saat ini. Maka, saya berharap kegiatan nonton bareng ini bisa bermanfaat,” katanya.

Masyarakat sangat antusias menyaksikan film yang dirilis pertama kali tahun 1984 itu. Pemkab juga menyediakan sekitar 1.200 porsi makanan gratis untuk masyarakat yang hadir. Berbagai makanan khas Sidoarjo seperti kupang lontong, lontong cecek, lontong balap dan es degan bisa dinikmati masyarakat sambil nonton. 

Minggu (1/10) pagi, upacara Hari Kesaktian Pancasila digelar di Alun-Alun Sidoarjo. Abah Ipul menjadi inspektur upacara yang dimulai pada pukul 08.15 tersebut. Dalam sambutannya, Abah Ipul berharap, Pancasila dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Sidoarjo. “Sebab, pancasila merupakan dasar negara kita,” pungkasnya.

(sb/jpg/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia