Senin, 10 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Sidoarjo

Makam Dewi Sekardadu Dipercantik

15 Agustus 2017, 08: 39: 25 WIB | editor : Lambertus Hurek

DESTINASI FAVORIT: Rombongan peziarah berdoa bersama di Makam Dewi Sekardadu, Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Buduran.

DESTINASI FAVORIT: Rombongan peziarah berdoa bersama di Makam Dewi Sekardadu, Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Buduran. (Novela Anggraeni/Radar Sidoarjo)

BUDURAN - Salah satu destinasi wisata andalan Sidoarjo adalah makam Putri Ayu Dewi Sekardadu di Dusun Kepetingan, Desa Sawohan, Kecamatan Buduran. Makam yang sering jadi jujukan peziarah dari berbagai kota itu bakal dipugar oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disporapar Sidoarjo Djoko Supriyadi mengatakan, perbaikan itu antara lain mempercantik bangunan dan pendapa, memperbaiki dan menambah toilet, serta memberi pagar keliling. Saat ini proses perbaikan sudah mencapai 85 persen. 

"Ada sisa pembangunan yang belum selesai. Nanti kita lanjutkan menambah toilet," ujarnya kemarin. 

Pihak disporapar juga berencana meninggikan tanah. Pasalnya, saat pasang, air laut sering kali masuk ke kompleks makam di dekat perairan Selat Madura itu. "Waktu pasang susah diprediksi. Tapi (peninggian) itu akan dilakukan tahun depan," ujarnya.

Makan Putri Sekardadu termasuk salah satu destinasi favorit di Kabupaten Sidoarjo. Banyak warga berdatangan ke sana, khususnya saat ruwat desa atau nyadran. "Ada rombongan dari Tuban selama tiga sampai empat hari," katanya. (nov/rek)

(sb/rek/rek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia