Minggu, 16 Dec 2018
radarsurabaya
icon featured
Sportainment

ASG 2017, Pebulutangkis Jatim jadi Penyelamat Indonesia

26 Juli 2017, 06: 10: 02 WIB | editor : Abdul Rozack

Nur Yahya Ady Velani

Nur Yahya Ady Velani (Dokumen Radar Surabaya)

Surabaya – Nur Yahya Ady Velani menjadi penyelamat muka Indonesia di Asean School Games (ASG) 2017. Dia menjadi satu-satunya peraih emas dari cabang olahraga bulu tangkis dalam ajang yang diikuti oleh 10 negara tersebut. 

Yahya, sapaannya, mampu menjadi juara di nomor bergengsi, tunggal putra. Dalam final, dia mengalahkan sesama wakil Indonesia, Handoko, dengan dua game 21-15, 21-15.

“Indonesia sendiri hanya merebut satu emas. Sementara empat medali emas lainnya disapu Malaysia,” ujar Yahya.

Yahya merupakan pemain binaan klub Pratama di bawah naungan Sakura Sport Management (SSM) yang dipimpin Ade Darma sebagai menjadi direktur utama. Karena itulah, Ade sendiri sebenarnya sudah memberikan agenda tahunan kepada pemain kelahiran Solo tersebut mengikuti kejuaraan nasional dan internasional. Yang terdekat, Yahya akan tampil di Sirkuit Nasional (Sirnas) di Semarang, bulan depan.

 “Saya tidak boleh lama-lama bergembira. Karena saya harus mempersiapkan diri menghadapi Sirnas. Apalagi baru kali ini saya tampil di nomor paling bergengsi yakni di kelompok dewasa. Lawan-lawan saya pemain senior yang tidak bisa diremehkan,” tambah Yahya.

Ade sendiri mengakui, sebagai manajemen yang membawahi Yahya ikut bangga dengan prestasi atlet asal Jatim yang mengukir prestasi di tingkat internasional. Sebagai pebulu tangkis utama yang dimiliki Sakura, prestasinya tentu ikut melecut semangat pemain lainnya yang ada di Sakura. 

“Kami masih banyak atlet lainnya yang bisa kami kembangkan untuk mengikuti prestasi Yahya. Ada nama Aldo yang kualitasnya tidak beda jauh dengan Yahya. Demikian juga di usia 13 tahun maupun 17 tahun,” ungkap Ade Darma.

(sb/sa/jek/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia