Minggu, 20 Jan 2019
radarsurabaya
icon featured
Gresik

Gresik Miliki 7 Sekolah Inklusi Baru

22 Juli 2017, 10: 11: 34 WIB | editor : Aries Wahyudianto

KORDINASI: Kepala UPT RC saat melakukan kordinasi dengan sekolah inklusi berbagai jenjang.

KORDINASI: Kepala UPT RC saat melakukan kordinasi dengan sekolah inklusi berbagai jenjang. (Esti/Radar Gresik)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik terus berusaha menjadi kabupaten inklusi. Salah satunya, dengan menambah jumlah sekolah inklusi. Saat ini, UPT Resource Center (RC) masih melakukan pendapaat untuk tenaga pendidik di sekolah inklusi baru tersebut.

“Ada 7 sekolah inklusi baru di wilayah perkotaan Gresik,” terang Kepala UPT RC Innik Hikmatin.

Dikatakan, tujuh sekolah yang menerima siswa inklusi tersebut antara lain, SMAN I Kebomas, Kemudian, ada dua SMP dan empat SD. Dengan adanya tambah 7 sekolah ini maka sekolah inklusi di Gresik totalnya mencapai 144. “Sebelumnya sekolah inklusi di Gresik masih sekitar 137 lembaga,” kata dia.

Menurut dia, pihaknya juga terus memberikan fasilitas pendukung bagi 7 sekolah baru tersebut. Seperti Al Quran Braille. Selain itu, 7 sekolah tersebut juga memberikan sosialisasi kepada para siswa.

“Karena bukan hanya lembaganya saja, namun siswanya juga pastinya membutuhkan kesiapan atas budaya baru mereka. Jadi kita ada waktu untuk berbagi pengalaman dan mengenalkan budaya inklusi agar saling memotivasi,” papar dia.

Kepala SMAN 1 Kebomas Nurus Shobah menuturkan, pihaknya memang terbatas akan tenaga pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus, namun masih terbantu dengan pendampingan dari RC dan cabang dinas pendidikan. “Jadi kami masih dalam pekan pembenahan pendidikan inklusi,” terangnya.

Hal ini juga dilakukan Wiwit Rahmya, penanggung jawab pendidikan inklusi di SMA Muhammadiyah 1 Gresik yang juga terlibat dalam pembenahan sekolah inklusi baru di Gresik. Menurutnya, sebagai lembaga yang sudah berpengalaman pada pendidikan inklusi, maka ia membantu dalam sharing dengan tenaga pendidik sekolah inklusi baru. “Kami juga kordinasi dengan berbagai sekolah di RC,” imbuhnya. (est/rof)

(sb/ris/ris/JPR)

 TOP
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia