Radar Surabaya

Yoga Bikin Puasa Semakin Bugar

KOTA

Menghadapi kelelahhan saat berpuasa tidaklah terlalu sulit. Selama Ramadan, anggota Komunitas Yoga Gresik melakukan yoga untuk membantu detoksifikasi dan meningkatkan stamina. Dengan melalukan yoga setiap hari bisa membuat tubuh semakin segar dan tidak mudah lelah..

“Tetap membiasakan diri bugar saat puasa, jangan sampai usai Ramadan justru tidak bugar,” terang Ratih.

Selain dari sisi tradisi dan ritual, Ratih menjelaskan, yoga saat puasa yang disesuaikan dengan kondisi tubuh akan memberikan manfaat lebih. Gerakan yoga lembut, peregangan otot serta teknik pernafasan banyak membantu tubuh dalam meningkatkan stamina tubuh. “Puasa pun jadi tetap semangat dan tubuh terasa bugar,” ungkapnya.

Menurutnya, yoga di luar ruangan bisa menambah kesegaran dan rileksasi. Selain itu, yoga yang fokus pada teknik pernapasan akan menambah suplai oksigen ke seluruh jaringan dan menyelaraskan produksi hormon. Ratih menuturkan, latihan yoga saat berpuasa akan maksimal dilakukan sebelum waktu berbuka puasa, yakni ketika perut dalam keadaan kosong. “Pilihan waktu yoga saat puasa adalah pagi hari, dua jam setelah sahur,” sebutnya.

Sementara itu, Yuniar Wardani salah satu anggota yang biasa melakukan yoga saat puasa. Ia melakukannya seeminggu dua kali, intensitas ini lebih sedikit dibanding waktu haribiasa. Ia mengaku bisa melakukan latihan hingga 5 kali dalam seminggu dengan waktu satu jam. “Awalnya ingin menjaga tetap bugar, puasa bukan jadi alasan untuk bermalas-malasan sih,” terang perempuan asal Sidorukun ini.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar