Radar Surabaya

Tidak Pantas, Dewan Minta Kenaikan Gaji

KOTA – Rencana kenaikan gaji kalangan DPRD Kabupaten Gresik dinilai kurang pantas oleh sejumlah kalangan. Selain tidak tepat karena kondisi perekonomian nasional sedang kurang baik, kinerja anggota DPRD Gresik selama ini kurang maksimal. Khususnya dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.

"Kita semua tahu bahwa akhir-akhir ini perekonomian nasional sedang kurang baik. Pendapatan negara maupun daerah di sektor pajak dan retribusi meroisot. Bahkan anggaran negara cenderung defisit, kok mereka (anggota DPRD, Red) minta kenaikan gaji," jelas Konsultan Politik Surabaya, Agus Mahfud.

Dijelaskan, 2016 lalu beberapa anggaran sharing untuk daerah tidak bisa diberikan pemerintah pusat karena defisit. Selain persoalan kondisi perekonomian nasional yang kurang stabil, kinerja dewan juga belum terlihat. Saat ini, tidak bisa ditemui anggota DPRD yang memiliki prestasi. “Banyak persoalan yang disebabkan DPRD, tapi kinerjanya masih minim. Jadi kenaikan ini masih kurang realistis,” terang dia.

Ditambahkan, pada rencana pertemuan antara seluruh DPRD dengan Kemendagri hari ini, pihaknya berharap ada kebijakan yang lebih realistis lagi. Termasuk rencana pemberian tunjangan reses dan tunjangan transport yang tidak ada kaitannya untuk rakyat yang diwakili. “Program reses sangat tidak membantu aspirasi masyarakat. Dan tunjangan transport harusnya dikurangi,” pungkas dia.

Hal senada disampaikan Pengurus LSM Forkot AL Ushudi. Menurut dia, kenaikan ini akan semakin meningkatkan belanja pegawai pada APBD Gresik. Padahal, saat ini belanja pegawai sudah sangat tinggi. “Tahun lalu saja sudah terjadi defisit. Kalau nanti gaji dewan jadi naik mau jadi apa APBD kita,” katanya.

Ditambahkan, persoalan kenaikan gaji memang tidak masalah. Asalkan dibarengi kinerja dan kondisi keungan yang baik. Saat ini masih banyak sektor pendapatan yang terus terjadi penurunan. “Banyak PAD yang tidak mencapai target, kalau ini terjadi pasti bakal mengalami difisit lagi,”  imbuh dia. (rof/ris)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar