Radar Surabaya

Jadi Bahan Penelitian, Dinikmati Anak Muda, Disukai Fotografer

Festival Damar Kurung edisi ramadan digelar akhir pekan lalu di kawasan makam Putri Cempo. Kegiatan  selama 3 hari ini mampu menarik minat ribuan anak muda dan sejumlah komunitas fotografi. Bahkan peneliti juga tak luput datang untuk meneliti tradisi damar kurung ini.

DAMARKURUNG merupakan salahsatu ikon Kota Gresik. Bentuk lampion ini agak berbeda dengan biasanya. Di sekeliling lampion dihiasi gambar atau lukisan yang terinspirasi sang maestro Mbah Masmundari. Para pengunjung datang dari sejumlah kota langsung melihat-lihat salah satu ikon Kabupaten Gresik ini.

Mereka mengamati karya Masmundari yang terus dilestarikan ini. Bahkan, salah satu peneliti asal Jakarta yang akan membukukan tradisi-tradisi Ramdhan di Gresik tak mau ketinggalan. Mereka datang sudah sekitar sebulan yang lalu. “Mumpung lagi ada di Gresik, sekalian lihat Festival Damar Kurung yang tidak ditemui di kota lain. Meski objek penelitian kami lebih kepada tradisi Ramadhan, tapi ini juga bisa jadi referensi untuk penelitian-penelitian ke depan,” tutur Andreas, salah satu peneliti.

Ditambahkan, Damar Kurung memang memiliki beberapa keunikan. Di antaranya bentuk yang khas dan tidak dijumpai di daerah lain. Kendati fungsinya hampir sama dengan lampion ciptaan komunitas tionghoa tapi tetap banyak perbedaannya. Salah satunya adalah gambar yang tercantum dalam Damar Kurung bebas tak dibatasi.

Kholisudin, salah satu Fotografer asal Surabaya tak mau ketinggalan dalam ajang kali ini. Ketika beredar info adanya pameran damarkurung, dia langsung datang ke Gresik. Selain bisa bertemu dengan teman-temannya, dia juga mendapatkan objek baru. “Meski setahun bisa ada beberapa kali pameran Damar Kurung. Tapi, tidak seperti disi Ramadhan,” tukasnya.

Dengan kameranya, Kholisudin bisa memotret hingga ratusan kali. Sebab, banyak nilai yang terkandung dalam karya legendaris asli Gresik ini. Sebagai objek fotografi, damarkurung juga tampak indah dengan lampu temaram di dalamnya. Dengan digantung berjajar dan mudah dijangkau tangan, bisa menambah sudut pemotretan.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar