Radar Surabaya

Tekan Kenaikan Harga, Gelar Operasi Pasar

KOTA-Menekan adanya kenaikan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan, Perum Bulog melaksanakan operasi pasar di Sidoarjo. Wakil Kepala Perum Bulog Sub Divre Surabaya Utara Irlia Dwiputri mengatakan, operasi pasar dilakukan mulai 17 hingga 31 Mei mendatang. Operasi pasar dilakukan di dua lokasi, yaitu di Pasar Larangan dan Pasar Porong Baru.

Ada beberapa jenis kebutuhan pokok yang disiapkan dalam operasi pasar tersebut. Seperti beras medium, beras premium, gula pasir, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, dan telur. “Semuanya dijual dengan harga di bawah pasar,” kata Irlia.

Menurut dia, operasi pasar ini dilakukan mulai pukul 06.00 hingga stok habis. Namun biasanya, sebelum siang, stok sudah habis karena banyak diserbu masyarakat. Ia pun menyatakan dalam operasi pasar yang berlangsung selama dua pekan ini, Perum Bulog sudah menyiapkan banyak stok untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Rinciannya, 1 ton beras, 15 ton gula, 700 kilogram bawang merah, 1 ton bawang putih, 3.500 liter minyak, 15 ton gula, dan 100 kilogram telur.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sidoarjo Fenny Apridawati mengatakan, hingga saat ini di Sidoarjo terpantau belum ada lonjakan harga. Bahkan beberapa komoditas justru turun. Seperti cabai merah dari harga Rp 28 ribu menjadi Rp 24 ribu.

Fenny mengaku pihaknya merasa terbantu dengan adanya operasi pasar ini. Sebab harganya lebih murah dibandingkan harga di pasar-pasar di Sidoarjo.

Seperti bawang merah, jika di pasar seharga Rp 22 ribu hingga Rp 28 ribu, dalam operasi pasar dijual Rp 21 ribu per kilogram. "Masyarakat jelas akan sangat terbantu," ujar Fenny. (nis/jee)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar