Radar Surabaya

Oknum PNS Disnaker Ditetapkan Tersangka Pungli

SIDOARJO - Djemanun Handoko, 53, oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat Kasi Penenmpatan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sidoarjo resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus pungutan liar (pungli), Selasa (16/5). Warga Perumahan Bumi Candi Asri blok J2 ini ditangkap di depan salah satu gerai makanan cepat saji di salah satu mall di Sidoarjo usai menerima uang sebesar Rp 3 juta dari karyawan PT Bintang Makmur.

Saat ini tersangka masih menjalani penyidikan di Satreskrim Polresta Sidoarjo. Terbongkarnya aksi pungli ini berawal dari penyelidikan yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli Satreskrim Polresta Sidoarjo yang mencurigai adanya praktek pungli di dinas terkait.

Setelah diselidiki, diketahui jika tersangka sempat mendatangi kantor PT Bintang Makmur pada tanggal 8 Mei lalu. Saat itu tersangka membawa surat perintah pengawasan orang asing dan juga lembaran tim yang berisi nama pengawas orang asing (PORA) Disnaker Sidoarjo.

“Saat itu tersangka mengancam akan melakukan sidak ke kantor tersebut. Kantor tersebut selama ini diketahui mempekerjakan satu orang asing,” kata Kasatreskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris, saat release di Polresta Sidoarjo, Rabu (17/5).

Tidak hanya mengancam, tersangka juga menawarkan bantuan agar tim tersebut tidak memeriksa tenaga kerja asing di kantor tersebut. Dengan isyarat memberikan sejumlah kompensasi untuknya. Dengan jaminan tersebut ia tidak akan mengarah pemeriksaan tim Pora ke perusahaan tersebut. “Karena ancaman tersebut pihak perusahaan ketakutan sehingga memilih untuk memberikan sejumlah uang agar tidak diperiksa,” terang perwira menengah dengan satu melati di pundaknya ini.

Akhirnya, disepakati antara tersangka dan pihak perusahaan bertemu di salah satu Mall untuk melakukan transaksi penyerahan uang jaminan tersebut. Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo yang mendengar adanya kegiatan tersebut langsung menuju ke lokasi. Benar saja, mereka langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka Handoko.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar