Radar Surabaya

Kapal Langsung ke Amerika, Biaya Logistik Semakin Murah
BERITA TERKAIT

JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut kedatangan kapal CMA CGM Otello, kapal petikemas terbesar pertama di Indonesia rute pelayaran langsung Jakarta - Los Angeles di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) pada Minggu (23/4).

Dengan adanya pelayanan langsung ke Amerika Serikat dengan kapal berkapasitas 8.238 Teus ini, menurut Menhub, akan meningkatkan efisiensi logistik yaitu dari segi harga akan mengalami penurunan sebesar 20 persen hingga 30 persen dan dari segi waktu mencapai 10 hari.

"Sekarang Pelabuhan Tanjung Priok sudah dapat melayani kapal dengan kapasitas besar, dengan begitu, akan membuat efisiensi logistik Indonesia menjadi lebih baik," ujar Budi Karya Sumadi.

Kehadiran kapal CMA CGM Otello di pelabuhan Tanjung Priok akan memposisikan pelabuhan Tanjung Priok tidak kalah dengan negara-negara Asia Tenggara lainnya. Selanjutnya,  PT Pelindo II selaku pengelola pelabuhan Tanjung Priok untuk meningkatkan efisiensi dengan menetapkan biaya yang lebih kompetitif.

"Sekarang Pelabuhan Tanjung Priok sudah melayani 6 juta Teus dan saya targetkan 2 tahun lagi, PT Pelindo II dapat melayani kargo sebanyak 12 juta Teus," katanya.

Kapal yang akan berlayar, Senin (24/4), mengangkut garmen, kertas, furniture dari Indonesia adalah kapal milik perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d'Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA - CGM) dengan kapasitas 8.238 Teus dengan panjang kapal 334 meter.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar