Radar Surabaya

Gaet Pemilih Muda, Dirikan Rumah Pintar Pemilu

KEBOMAS –

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Gresik mendirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP). Pendirian RPP ini untuk mengajari para pemilih pemula. Sehingga, para pemilih pemula bisa lebih memahami tentang mekanisme pencoblosan.

Ketua KPUD Gresik Akhmad Roni  mengatakan selama ini sosialisasi pemilu hanya dilakukan dengan teori. Dengan adanya RPP ini sosialisasi bisa terlihat lebih nyata. "Pemilih pemula bisa langsung praktik disini," ujarnya, kemarin.

Di rumah RPP ini, lanjut dia, terdapat berbagai peralatan pemilu termasuk bilik suara. Selain itu, juga ada berbagai buku tentang pemilihan umum beberapa periode terakhir. "Kami siapkan peralatan yang sama persis saat pencoblosan serta beberapa buku," kata dia.

Ditambahkan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan sekolah dan komunitas. Harapannya, mereka bisa datang kesini untuk memanfaatkan RPP ini. "Nanti bisa giliran sekolah maupun komunitas untuk belajar disini," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito mengatakan gerakan Rumah Pintar Pemilu ini merupakan program nasional. Di Jatim saat ini baru 22 KPUD yang sudah memiliki RPP. "Tinggal 16 lagi yang belum memiliki RPP," kata dia.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar