Radar Surabaya

Satpol Ajari Perangkat Buat Perdes

SIDAYU -  Satpol PP Gresik menggelar pembinaan masyarakat dalam penegakan Perda. Pesertanya kepala desa beserta perangkat, Badan Perwakilan Desa (BPD) dan kasi trantib se-Kecamatan Sidayu dikumpulkan. Mereka diajak untuk menjaga desanya masing-masing dari potensi pelanggaran perda atau aturan hukum lainnya.

Kabid Pembinaan dan Linmas, Agung Endro Utomo mengatakan, acara yang digelar memang fokus pada dua hal. Pertama adalah partisipasi masyarakat dalam penegakan perda ketentraman dan ketertiban umum di masing-masing wilayah desa. Kedua, tindakan pencegahan oleh aparat desa dan kecamatan terhadap pelanggar perda trantibum.

“Penegakan maupun pencegahan peraturan ini bisa dilakukan dengan cara membuat Peraturan Desa (Perdes). Dua hal ini memang harus dilakukan dan menjadi tanggung jawab bersama pemerintah desa maupun kecamatan,” ujar dia.

Dijelaskan, di wilayah pedesaan bisa mempelajari Perda Trantibum sebelum membuat perdes. Masing-masing desa bisa membuat dengan kriteria tentang cara berpakaian, cara berperilaku dan lainnya sesuai kultur mereka. “Kami pasrahkan sesuai dengan kultur dan budaya masing-masing desa,” tandasnya.

Ditambahkan, para perangkat ini diminta untuk berpastisipasi aktif dalam penegakan perda. Para perangkat ini juga telah mendapatkan pelajaran dari Bagian Hukum Pemkab Gresik. Mereka diberi materi terkait ketertiban umum dan cara pembuatan perdes. Ketertiban umum meliputi pakaian, lalu lintas, perilaku dan lain sebagainya.

Kapolsek Sidayu, AKP Suswanto mendukung progam tersebut. Pasalnya masih banyak juga warga yang kurang mengerti terkait Perda Trantibum. “Mereka yang sudah mengerti saja bisa melanggar. Apalagi mereka yang belum mengetahui,” komentarnya. (bro/ris)

 


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar