Radar Surabaya

76 Desa Ikuti Workshop

KOTA – Menjelang launching Gresik Berhias 2017, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gresik menggelar workshop. Kegiatan yang diikuti 210 peserta terdiri dari 75 kepala desa dan kelurahan serta puluhan pengurus RT. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tteknis erkait konsep penyelenggaraan Gresik Berhias tahun ini. Pada workshop kali ini DLH Gresik menjelaskan berbagai pedoman teknis penyelenggaraan Gresik Berhias. Mulai dari jadwal pelaksanaan kegiatan, hingga pelaksanaan roadshow dan mekanisme penilaian.

“Selain menggelar lomba desa bersih juga ada lomba yel-yel, jadi desa harus mempersiapkan diri,” ujar Kabid Tata Lingkungan DLH Gresik Ach Muzakki dihadapan puluhan kepala desa dan RT, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik Soemarno mengatakan, pelaksanaan Gresik Berhias 2017 bakal dimulai dengan launching dan roadshow di Bunderan GKB Kecamatan Kebomas pada 23 April mendatang. Sehingga, masing-masing desa diminta untuk bersiap-siap. “Workshop ini bertujuan agar desa maupun RT yang ditunjuk lebih siap,” ujarnya.

Menurut dia, pada Gresik Berhias kali ini pihaknya mengusung tema Menuju Gresik Bebas Sampah 2020. Ini sesuai dengan arahan dari Pemerintah Pusat. “Kegiatan ini menjadi salah satu upaya kami untuk mensukseskan gerakan bebas sampah 2020,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekertaris DLH Gresik Adiana Setiawati. Menurut dia, kegiatan ini kembali digelar untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakt untuk menjaga kebersihan lingkungannya masing-masing. “Saya berharap, melalui lomba ini nantinya dapat menciptakan iklim dan kondisi lingkungan yang asri, bersih dan sehat, sehingga masyarakat Gresik dapet terbebas dari berbagai penyakit,” pungkas dia.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Radar Gresik Aries Wahyudianto kembali menegaskan komitmen Radar Gresik dalam mendukung program pemerintah soal kebersihan. Untuk itu, pihaknya sudah menyiapkan rangakaian acara dan publikasi besar-besaran agar Gresik Berhias. “Untuk desa-desa peserta Gresik Berhias bakal dipublikasikan di Koran Radar Gresik. Kami ingin apa yang dilakukan desa-desa tersebut bisa ditiru desa-desa lainnya,” ungkap dia. (rof/ris)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar