Radar Surabaya

DPUPR Revitalisasi Trotoar Alun-alun

KOTA-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sidoarjo melakukan revitalisasi trotoar di sekitar alun-alun. Selain kondisinya sudah banyak yang rusak, revitalisasi dilakukan untuk menyambut acara Otonomi Daerah yang akan digelar di Sidoarjo akhir bulan ini. Demi mempercantik trotoar, DPUPR juga melakukan pengecatan beberapa titik trotoar yang yang catnya mulai pudar.

Kepala Dinas PUPR Sidoarjo Sigit Setyawan mengatakan revitalisasi trotoar di jalan-jalan utama sebetulnya sudah dilakukan sejak 2013 lalu. Trotoar yang lama diganti dengan trotoar baru. Nah, tahun ini target revitalisasinya berlokasi di sekitar kawasan alun-alun.

Menurutnya, trotoar di sekitar alun-alun sudah lama tidak dilakukan pembenahan. "Tahun ini revitalisasinya mulai dari depan paseban, pendapa, dan sekitarnya," ujar Sigit, kemarin (12/4).

Ia menyebutkan, kondisi trotoar di alun-alun sendiri sudah tidak layak. Masalah utamanya terletak pada akar pohon yang ‘menjebol” trotoar. "Hampir semua titik seperti itu karena memang banyak pohon," imbuhnya.

Dia melanjutkan, akar pohon tersebut membuat paving trotoar naik turun dan bahkan ada yang lepas. Hal ini dikhwatirkan membuat pejalan kaki tidak nyaman. “Untuk mengatasi hal itu, DPUPR membuka paving trotoar, kemudian memotong akarnya dan memasang kembali pavingnya,” jelasnya.

Pekerjaan yang memakan biaya di bawah Rp 200 juta ini dijelaskan Sigit, sudah dikerjakan sejak minggu ketiga bulan Maret lalu. Diperkirakan revitalisasi trotoar ini akan selesai dalam pekan depan. (nis/jee)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar