Radar Surabaya

SBMPTN Resmi Dibuka, Kuota CBT Ditambah

Surabaya – Meski Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA/MA masih berjalan, proses pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah resmi dibuka mulai Selasa (11/4) pukul 08.00. SBMPTN tahun ini dinilai menguntungkan bagi calon mahasiswa lantaran kuotanya bertambah dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Ketua Panitia Lokal (Panlok) 50, Yuni Sri Rahayu mengatakan bahwa ada enam perguruan tinggi negeri (PTN) di Jawa Timur yang siap mengikuti proses SBMPTN tahun ini. Mereka adalah ITS, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran dan Universitas Trunojoyo Madura (UTM).

Saluran masuk untuk calon mahasiswa PTN ini dapat diikuti oleh para lulusan SMA, SMK, MA maupun paket C, yang merupakan lulusan tiga tahun terakhir yakni pada 2015, 2016, dan 2017. Calon peserta sudah bisa melakukan pendaftaran SBMPTN melalui laman resminya http://sbmptn.ac.id.

"Pendaftaran bisa dimulai sejak pukul 08.00 pagi tadi (kemarin, Red), dan akan dibuka hingga tanggal 5 Mei pukul 22.00 malam," kata Yuni dalam konferensi pers pembukaan SBMPTN di kampus Unesa, kemarin.

Proses pendaftaran secara online dapat diakses melalui website http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Dari laman ini, peserta bisa mengisi data nama dan tanggal lahir untuk kemudian mendapatkan kode akses pendaftaran serta personal identification number (PIN) dan slip pembayaran.

"Dengan slip pembayaran yang dicetak, peserta lantas bisa membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu ke tiga bank yang ditunjuk yaitu Bank Mandiri, BNI, dan BTN," terang perempuan berhijab ini.

1
2
3
4
5

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar