Radar Surabaya

Zona Parkir di 10 Kawasan Mulai 20 Maret

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera menerapkan parkir zona di beberapa titik. Diharapkan zona parkir ini bisa menekan visi rasio kendaraan (kepadatan kendaraan yang melintas) di bawah 0,8.

Baehaqi Almutoif

Wartawan Radar Surabaya

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, setelah disetujui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Perparkiran dan Retribusi Parkir serta keluar peraturan wali kota, pada 20 Maret mendatang zona parkir mulai diberlakukan di sepuluh kawasan. Rinciannya, di Jembatan Merah, Tugu Pahlawan, Tunjungan, Blauran, Embong Malang, Pasar Atom, Taman Bungkul, Balai Kota, Kertajaya dan Keputran.

"Zona parkir ini ditetapkan untuk mengurangi intensitas parkir yang tinggi. Penerapannya nanti, kendaraan agar tidak berlama-lama parkir. Akan kami geser ke tempat lain supaya tidak kumpul di satu titik kumpul," urainya.

Irvan menegaskan, penerapan zona parkir ini bukanlah hanya pendatapan asli daerah (PAD). Tetapi lebih kepada manajemen dan instrumen pada pengendalian lalu lintas. Tujuannya guna memperlancar lalu lintas dan semakin lebih baik. "Jalan-jalan terdekat itu masih banyak yang kosong," tuturnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar