Radar Surabaya

2018, 100 Persen Warga Surabaya Bisa Nikmati Air Bersih

SURABAYA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada terus berupaya meningkatkan layanan air bersih bagi warga Surabaya. Karena itu PDAM Surya Sembada menargetkan seluruh warga Surabaya mampu menikmati air bersih pada tahun 2018.

Manajer Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada, Ari Bimo Sakti mengatakan, saat ini warga yang telah menikmati air bersih mencapai 95,6 persen. Itu artinya masih ada 4 persen warga di Surabaya yang belum memiliki akses air bersih yang layak.

"Untuk itu kami akan upayakan terobosan-terobosan agar mampu menggenapi kekurangan yang 4 persen itu," jelasnya kepada Radar Surabaya, Rabu (15/3).

Masih adanya warga yang belum menikmati akses air bersih disebabkan beberapa hal. Salah satunya adalah masih adanya warga yang tinggal di wilayah dimana tanahnya dimiliki instansi lain, seperti di bantalan rel yang asetnya dimiliki PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Ada juga warga yang tinggal di bantaran sungai yang memang sanitasinya buruk. Sehingga kualitas air juga kurang bagus," jelas Bimo.

Hal itu jelas menjadi kendala bagi PDAM untuk masuk ke kawasan tersebut. Pasalnya untuk melakukan pemasangan pipa di kawasan itu harus memiliki izin dari instansi terkait. Terlebih tidak semua izin yang diajukan mudah diterima. Bahkan tarif untuk perizinan juga cukup tinggi. "Padahal kan kita selama ini melayani pelanggan dengan mematok tarif subsidi yang terendah. Ini yang jadi dilema bagi PDAM," ungkap Bimo.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar