Radar Surabaya

Tempuh 330 Km dengan Satu Liter Solar

SURABAYA - Tim Sapuangin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya meluncurkan generasi barunya, Sapuangin XI Evo 1. Mobil hemat energi generasi ke 11 ini dilepas di frontage road A Yani depan kantor Dishub dan LLAJ Jatim, Minggu pagi(12/3). Mobil ini akan berlaga di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Asia 2017 di Singapura, 16-19 Maret mendatang.

Mobil hemat energi Sapuangin generasi terbaru ini digadang-gadang mampu mencapai prestasi tertinggi di level Eropa. Selain ingin mempertahankan reputasinya, tim Sapuangin yang diperkuat 23 anggota ini telah banyak belajar dari kegagalan mereka di SEM tingkat Eropa musim lalu.

General Manajer Tim Sapuangin ITS Annas Fauzy menyatakan pihaknya telah melakukan beberapa penyempurnaan mobil dibanding generasi sebelumnya melalui proses riset yang panjang.

Riset mesin dikerjakan sejak November tahun lalu. Hal itu dibenarkan oleh Tim Divisi Mesin Sapuangin Faizal Ibrahim. Menurutnya, generasi baru ini tak banyak mengalami perubahan dari sisi bodi dan aerodinamika. Sekitar 90 persen masih mempertahankan desain lama.

Namun, Tim Sapuangin terus menggembleng dari sisi dapur pacunya. Sekian kali test drive dilakukan hingga menemukan angka yang paling efisien. Pada kontes Shell Eco Marathon Asia/Eropa memang dicari kendaraan inovasi yang paling irit.

"Kami lebih fokuskan ke riset engine dan test drive. Beberapa uji coba kami bisa mencapai 300 kilometer ke atas dalam konsumsi satu liter solar," papar Faizal.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar