Radar Surabaya

Konsumennya Keberatan, Karyawan Justru Senang

Aturan itu harusnya sudah lama diterapkan. Sebab, peratutan daerah (perda) yang mengatur jam operasional swalayan sudah digedok tiga tahun silam. Aturan itu tertuang dalam perda no 8/2014 tentang penataan swalayan dan minimarket yang tidak boleh buka selama 24 jam.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih mengatakan, dalam aturan itu jam buka hypermarket, departement store, dan supermarket dibatasi. Hal itu terdapat pada pasal 13 ayat (2). Disitu disebutkan bahwa hypermarket, departement store, dan supermarket hanya boleh buka hingga pukul 21.00.

Rinciannya, pada hari Senin hingga Jumat, peritel tersebut hanya dijinkan buka mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00. Sedangkan pada akhir pekan jam buka agak sedikit lebih longgar. "Sementara pada saat weekend atau hari Sabtu dan Minggu, mereka diijinkan buka hingga pukul 23.00," ujarnya kepada Radar Surabaya, Jumat (17/2).

Sedangkan jam operasional untuk minimarket sedikit lebih longgar. Arini menjelaskan, jam buka untuk minimarket dimuali pada pukul 08.00. Dan, minimarket juga diharuskan tutup pada pukul 21.00. " Sama dengan swalayan, untuk weekend minimarket juga diijinkan beroperasi hingga pukul 23.00. Sebab, saat weekend jumlah pelanggan biasanya melonjak," katanya.

Arini mengaku, tak semua swalayan jam operasionalnya dibatasi. Ada beberapa yang bisa buka selama 24. Seperti minimarket yang beroperasi di fasilitas umum yang memang pelanggannya memiliki kebutuhan urgent. "Seperti minimarket yang ada di dalam Rumah Sakit, bandara atau stasiun. Kami ijinkan untuk beroperasi selama 24 jam. Sebab sifatnya urgent," bebernya.

Arini menambahkan, pihaknya optimis aturan ini bisa dipatuhi oleh pengusaha ritel. Sebab, Pemkot Surabaya telah memberi banyak kelonggaran sejak perda tersebut diterbitkan, tepatnya pada tiga tahun silam. "Harusnya perda ini bisa dipatuhi oleh seluruh pengusaha ritel di Surabaya. Sebab, sebelum diterbitkan perda ini juga sudah mendapat persetujuan dari pengusaha ritel," jelasnya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar