Radar Surabaya

Kadin Dorong Produk Lokal Masuk Supermarket

KOTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Gresik terus mendorong produk asli Gresik bisa bisa dipasarkan di toko modern atau supermarket. Tujuannya, agar produk Usaha Kecil Menengah (UKM) di Gresik memiliki daya saing. Itu sekaligus untuk memberdayakan pelaku usaha daerah.

Ketua Kadin Gresik, Lailatul Qodri mengatakan, agar teralisir, pihaknya akan mempertemukan pengelola toko odern dengan UMKM di Gresik. Selanjutnya, dalam pertemuan itu muncul solusi memberi kesempatan kepada UKM ikut memasarkan produknya di toko modern.

“Kami juga berencana usulan ini dituangkan dalam peraturan bupati (Perbup, Red). Sehingga keberadaan gerai ritel modern yang semakin banyak di Gresik ini bisa dirasakan manfaatnya oleh warga lokal,” ujarnya.

Dikatakan, selama ini ada retail modern yang berdiri di dekat pasar tradisional. Ini bisa mematikan usaha kecil dan pasar tradisional. Agar tidak saling mematikan, toko modern harus menampilkan produk lokal. Kemudian regulasi pendirian toko modern diperketat.

"Kan sudah ada aturan Peraturan Presiden (Perpres) 112/2007 tentang pasar tradisional, pusat perbelanjaan, dan toko modern," kata Qodri

Dijelaskan, saat ini Kadin mencatat hanya sekitar 20 persen produk lokal yang sudah bisa dijumpai di gerai ritel modern. Mayoritas produk-produk tersebut adalah makanan ringan dan minuman kemasan.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar