Radar Surabaya

Airlangga Optimis Industri Semen Tumbuh

Investasi di sektor industri semen selama 2016 mencapai Rp 15 triliun. Ini menunjukkan industri semen masih menarik bagi investor dari dalam maupun luar negeri.

MENTERI Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto saat membuka Semen Indonesia Award on Innovation (SMI-AI) memperkirakan, industri semen dalam negeri pada tahun ini masih moncer dan memiliki prospek cerah. “Iklim investasi yang menarik ini nantinya akan meningkatkan minat para investor dan peluang pasar yang cukup besar," ujar Airlangga didampingi Dirut PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Rizkan Chandra di Gedung Utama Semen Indonesia, kemarin.

Dijelaskan, terbukanya iklim investasi karena pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2016 sebesar 5,02 persen. Itu mengalami kenaikan dibandingkan kuartal III/2015 yang hanya tercapai 4,74 persen.

"Kenaikan pertumbuhan itu seiring dengan optimisme pemerintah terhadap kondisi perekonomian nasional. Tahun ini kami perkirakan pertumbuhan ekonomi semakin stabil dengan proyeksi kenaikan antara 5,2 persen sampai 5,4 persen," jelas Airlangga.

Mantan anggota Komisi VI DPR-RI ini menambahkan, peluang pasar industri semen yang besar juga terlihat dari rata-rata konsumsi semen perkapita nasional yang masih kecil yaitu sebesar 243 kilogram (kg) per kapita.

Angka tersebut, kata dia, jauh lebih rendah jika dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia sebesar 751 kg per kapita, Thailand sebesar 443 kg per kapita dan Vietnam sebesar 661 kg per kapita

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar