Radar Surabaya

Habiskan Rp 105 M, Pemkot Benahi Sanitasi Sidotopo

Surabaya - Setelah empat tahun melakukan pembenahan saluran di Sidotopo Wetan, akhirnya sungai sepanjang 1,7 kilometer yang membentang di kawasan tersebut kini sudah berubah wujud. Saluran yang semula berfungsi sebagai saluran irigasi, diubah menjadi saluran drainase dan sekaligus sebagai jalan.

Pembangunan jalan tersebut dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sejak tahun 2012. Pasalnya wilayah ini selalu banjir setiap hujan. Saluran irigasi yang sempit dengan ukuran lebar 1,5 meter dan kedalaman 1,5 meter kini diubah menjadi saluran drainase dengan ukuran lebar 3 meter, dan kedalamam 3 meter.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan kawasan ini memang menjadi target pemkot untuk melakukan perbaikan sanitasi. “Saya sering cek malam di sini sebelumnya itu banjir, lalu juga macet sekali karena jalannya yang sempit. Oleh sebab itu, kami bangun saja box culvert. Supaya warga di sini tidak selalu banjir setiap hujan datang,” kata Risma, saat meresmikan box culvert Sidopoto Wetan, Jumat (6/1).

Oleh pemkot, saluran box culvert ini dibuat dengan cukup luas. Bahkan saat ini di atas box culvert sudah bisa dilalui kendaraan dengan dua lajur. Sehingga jika dijumlah dua jalur tersebut memiliki empat lajur jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan baik roda empat maupun roda dua. Tentunya kondisi ini akan sangat dirasakan oleh warga sekitar.

Lebih lanjut Risma mengatakan, pembangunan box culvert ini memang cukup banyak menyedot APBD pemkot. Karena tidak bisa dilakukan langsung dalam satu tahap, akhirnya terpaksa harus dibagi menjadi empat tahun anggaran. “Totalnya untuk membangun jalan ini cukup banyak, dana yang kami ambil dari APBD nilainya Rp 105,78 miliar. Dikerjakan mulai tahun 2012 sampai tahun 2016 kemarin. Sekarang baru bisa kami resmikan,” terang Risma.

Pembangunan di Sidotopo Wetan untuk box culvert tidak akan berhenti hingga di titik peresmian kemarin. Namun tahun 2017, mantan kepala Bappeko ini tengah merencanakan untuk meneruskan pembangunan box culvert ke sisi Utara. Tepatnya di kawasan Tenggumung Wetan. Pasalnya, kondisi di sepanjang jalan di sana cukup sempit dan tidak kawasannya masih kumuh.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar