Radar Surabaya

368 Motor Berknalpot Brong Ditindak
BERITA TERKAIT

SURABAYA - Untuk menciptakan Kota Surabaya aman dan nyaman, khususnya pada malam tahun baru, Satlantas Polrestabes Surabaya melakukan berbagai antisipasi. Salah satunya, polisi menindak terhadap pengendara motor yang menggunakan knalpot brong. Hasilnya selama hampir sebulan pada Desember 2016, Satlantas berhasil menindak 368 unit motor yang menggunakan knalpot brong.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Adewira Negara Siregar menjelaskan penyitaan ini untuk semua kendaraan roda dua tanpa terkecuali. Artinya semua kendaraan yang menggunakan knalpot bukan standar alias brong, polisi langsung menindak tegas. Tidak peduli motor biasa atau jenis motor gede (moge). Penindakan ini terhadap penggunakan knalpot brong ini dilakukan di beberepa tempat di Surabaya, seperti di Jalan Kedung Cowek, Jalan Diponegoro, Dupak, Demak, dan Darmo serta Ngagel.

"Setiap kendaraan yang menggunakan knalpot brong langsung kami hentikan dan kami bawa ke Satpas Colombo untuk disita," ungkap AKBP Adewira saat memimpin rilis hasil penindakan Satlantas di depan Mapolrestabes Surabaya, Rabu (28/12).

Adewira menambahkan dari penindakan itu, pihaknya berhasil mengamankan 368 sepeda motor yang berknalpot brong. Untuk 267 pelanggar sudah mengikuti sidang, sedangkan sisanya 101 pelanggar masih menunggu proses sidang. Bagi pelanggar yang sudah mengikuti sidang, diperbolehkan untuk mengambil sepeda motornya. Syaratnya, mereka harus membawa knalpot standar dan diganti di tempat. "Selain itu, kami meminta mereka untuk menyerahkan knalpot brong untuk kami musnahkan seperti yang kami lakukan pada siang ini (kemarin, Red)," lanjut Adewira.

Perwira dengan dua melati di pundaknya ini mengatakan penindakan ini akan terus dilakukan hingga menjelang malam tahun baru. Pihaknya menghimbau kepada masyarakat baik warga Kota Surabaya ataupun dari luar kota Surabaya untuk tidak menggunakan knalpot brong saat merayakan malam tahun baru.  Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta agar bengkel-bengkel knalpot tidak melayani modifikasi knalpot brong sampai tahun baru 2017. "Hal ini kami lakukan agar pada malam tahun baru, suasana Kota Surabaya bisa tetap aman dan nyaman," pungkasnya.(*/no)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar