Radar Surabaya

Dikawal Kapolrestabes, Aksi Tertib dan Meriah

SURABAYA - Tak kurang dari 15.000 suporter Persebaya yang dikenal dengan sebutan Bonek dan Bonita tumpek blek di jalanan protokol Surabaya dalam aksi longmarch bertajuk 'Bela Persebaya' yang dimulai sejak Senin (26/12) pagi. Aksi yang disertai dengan unjuk rasa ini digelar sebagai pemanasan sebelum menghadapi Kongres Tahunan PSSI pada 8 Januari 2017 di Bandung. Rencananya, aksi akan melanjutkan dengan ‘Geruduk Bandung’ oleh sekitar 5000 Bonek demi mengawal kongres.

Korlap aksi Saiful BDU mengatakan bahwa aksi bersama Bonek tersebut digelar dengan harapan agar Persebaya Surabaya bisa bangkit lagi dan diakui eksistensinya oleh PSSI. Sehingga, klub kebanggaan warga kota Surabaya ini dapat mengikuti kembali kompetisi pada musim depan.

"Kita sebagai suporter berharap kepada PSSI supaya Persebaya ini diakui dan bisa mengikuti kompetisi resmi pada tahun depan. Makanya, kita bikin karnaval longmarch supaya mereka (PSSI, Red) tahu bagaimana perjuangan para suporter ini untuk tim yang disayangi," papar Saiful di tengah-tengah aksi.

Rombongan Bonek yang terbagi dalam beberapa kelompok kecamatan se-Surabaya itu bergerak mulai pukul 09.15 dari Tugu Pahlawan sebagai ikon perjuangan arek-arek Suroboyo, menuju ke Taman Surya di depan Balai Kota Surabaya.

Tak main-main, iring-iringan pertama longmarch Bonek ini dikawal langsung oleh Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Muhammad Iqbal yang diikuti oleh lebih dari 1000 aparat gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP hingga petugas dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya.

Pantauan Radar Surabaya, Kapolrestabes Kombes Pol M Iqbal beserta perwira jajaran termasuk Kabag Humas Kompol Lily Djafar turut berjalan kaki mengawal para Bonek di garis terdepan rombongan pertama hingga mencapai titik finis di Balai Kota. Rombongan ini juga diikuti mobil dalmas dan pasukan reaksi cepat dengan motor trail.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar