Radar Surabaya

Ekstrak Zaitun Obati Infeksi Menular di RS

Infeksi nosokomial atau Hospital Aquired Infection adalah infeksi yang berkembang saat orang berada di lingkungan rumah sakit (RS). Karena infeksi itulah kondisi pasien makin parah. Akan tetapi, kini dunia kedokteran tak usah bingung lagi. Untuk kali pertama, tim Studi Imunologi Pasca Sarjana Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuktikan kinerja dalethyne yang mampu menyembuhkan luka dari infeksi nosokomial.

Umi Hany Akasah/Wartawan Radar Surabaya

Tim imunologi Pasca sarjana Universitas Airlangga (Unair) yang dikoordinasi oleh Dr dr Agung Dwi Wahyu Widodo menyatakan hasil riset selama satu bulan lebih di RSUD dr Soetomo. Ditemukan dalethyne yang merupakan zat aktif hasil pengolahan ekstrak buah zaitun mampu membunuh mikroba infeksi nosokomial di rumah sakit.

Dr dr Agung Dwi Wahyu Widodo mengatakan selama ini yang paling ditakuti oleh petugas maupun dokter di rumah sakit adalah infeksi nosokomial. Sebab,  ada dua kemungkinan yang terjadi bila sampai pasien terkena infeksi nosokomial yakni penyakitnya tambah parah dan kematian. 

Menurut Agung, infeksi nosokomial yang disebabkan kuman-kuman yang berada di sekitar rumah sakit itu bervariasi. Seperti penyakit paru-paru yang bisa menyebabkan infeksi nosokomial berupa salurah kemih. Infeksi aliran darah, misalnya terjadi ketika orang keracunan. Lalu, ada pula infeksi nosokomial yang disebabkan oleh luka akibat operasi maupun luka penyakit degeneratif dan keturunan. Seperti, adanya ulkus diabetes (luka penderita diabetes) makin parah dan membusuk karena infeksi kuman di rumah sakit.

“Ini penemuan baru untuk obat luka karena infeksi nosokomial,”   tandas dia. Dijelaskannya, timnya melakukan dua pengujian terhadap efektifitas zat dalethyne di RSUD dr Soetomo.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar